Selasa, 29 Juli 2008

Pelajaran Terbaik

Bahwa proses pendidikan dan pemelajaran jelas membutuhkan orang-orang yang setia dan mampu mendukung perjalanan proses. Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka sudah pasti pendidikan dan pemelajaran justru menajdi bumerang bagi yang melakukannya, sebab mereka tidak mengetahui kebenaran dan keuntukkan dari segala aspek yang dipelajarinya.
Seperti yang terjadi di Tembelang, sebuah Kota Kecamatan di Jombang, yang beberapa hari ini menjadi topik utama dalam setiap pembicaraan, baik di surat kabar maupun di televisi, apalagi di radio. Wah, pokoknya tiada hari tanpa membahas tentang Ryan.
INilah pendidikan dan pemelajaran terbaik bagi semuanya, bahwa pergaulan harusnya sangat kita seleksi dan benar-benar diantisipasi terhadap segala hal negatif yang pasti terjadi diantara kita. Tidak ada salahnya kita bergaul, tetapi setidaknya kita harus mengetahui hal-hal yang harus dan hal-hal yang tidak harus, bahkan yang dilarang oleh segala macam hukum kehidupan
POla pergaulan yang sedemikian bebas di antara anak-anak kita atau dis ekitar kita sangat emmungkinkan untuk terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang selanjutnya berpotensi untuk terjadinya hal-hal tidak diinginkan.
Dan, biasanya kita hanya dapat mengeluh dan menyesal di kemudian harinya!
Duh, kalau saja penyesalan ada di depan, sebelum kita melakukan kegiatan, tentunya semua hidup secara damai!

Tidak ada komentar: